Penyakit Kulit Akibat Gigitan Serangga Tomcat, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Penyakit kulit akibat gigitan serangga tomcat, gejala serta cara mengatasi – Mengenal penyakit kulit akibat gigitan seranggga (tomcat), gejala, cara mengatasi. Banyak orang yang pernah terkena gigitan hewan / binatang tomcat. Tomcat yakni salah satu serangga yang mempunyai racun yang sangat berbahaya bagi kulit manusia, serangga mampu hidup di tempat yang lembab seperti perpohonan, semak-semak maupun tempat tinggal rumah yang lembab.
Penyakit Kulit Akibat Gigitan Serangga Tomcat, Gejala & Cara Mengatasi

Racun pada serangga tomcat ini dapat menimbulkan efek menyakitkan pada penderita. Zat yang dapat membuat kulit kita terasa sakit saat digigit yakni zat racun paederin yang ada pada cairan tubuh tomcat tersebut. Apabila zat tersebut sampai terkena pada kulit manusia, maka akan mengalami rasa gatal-gatal ataupun sesansi terbakar. Banyak orang tidak sadar telah digigit hewan tomcat ini saat dalam keadaan tertidur, oleh sebab itu perlu sekali anda mengetahui tanda gejala terkena gigitan tomcat sebagai berikut.

Penyebab Terkena Gigitan Tomcat

Terdapat beberapa faktor menjadi penyebab terkena gigitan tomcat dikarenakan tidak sengaja kontak langsung dengan serangga tomcat dan kurang menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Karena binatang tomcat suka hidup di tempat-tempat yang lembab dan kotor.

Gejala Terkena Gigitan Tomcat

Terdapat beberapa tanda gejala terkena gigitan tomcat diantaranya :

1. Muncul ruam merah pada bagian tergigit hewan tomcat.

2. Kemudian lama kelamaan kulit akan terasa gatal ataupun sesansi terbakar.

3. Mengalami peradangan pada kulit ataupun iritasi.

4. Melepuh apabila parah maka akan menimbulkan nanah.

Itulah beberapa tanda gejala umum yang banyak dirasakan orang yang telah tergigit tombat. Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit kulit akibat tergigit serangga tomcat ? Berikut ini caranya

Cara Mengatasi Tergigit Serangga Tomcat

1. Membersihkan

Caranya cukup mencuci memakai sabun pada bagian kulit terkena gigitan tomcat tersebut. Hal ini berfungsi agar menetralisir efek dari racun paederin, namun saat mencuci memakai sabun jangan di gosok dengan keras, karena dapat menyebabkan racun menyebar kebagian kulit disekitarnya. Jadi anda cukup mengoles sabun hingga kering.

2. Memakai Krim / Salep

Untuk mengurangi gejala terkena gigitan tomcat seperti rasa sakit, anda dapat memberikannya salep / krim hydrocortisone untuk mengatasi gigitan tomcat tersebut.

3. Tanah Liat

Selain memakai salep / krim anda dapat mengatasi gigitan serangga tomcat dengan mamakai tanah liat. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan racun paederin pada kulit anda, caranya ambil tanah liat secukupnya, kemudian tambahkan air aduk hingga menjadi seperti krim. Sesudah jadi tempelkan pada bagian kulit terkena tomcat tersebut dan biarkan mengering. Sesudah kering anda boleh membilasnya memakai air bersih. Lalukan cara ini hingga rasa sakit bisa hilang dengan sendirinya.

Penyakit kulit akibat gigitan serangga tomcat, gejala serta cara mengatasi mungkin banyak yang belum mengetahuinya.

Related Posts

Penyakit Kulit Akibat Gigitan Serangga Tomcat, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...