8 Jenis Penyakit Kulit (Psoriasis), Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Jenis penyakit kulit (psoriasis), penyebab, gejala serta cara mengatasi. Mengenal macam jenis penyakit kulit (psoriasis), penyebab, gejala dan cara mengatasi. Psoriasis yakni peradangaan kronis pada kulit, dimana penderita akan mengalami proses pergantian kulit cepat. Psoriasis sering dikenal dengan penyakit kronis karena dapat hilang dan muncul kembali.

Psoriasis salah satu penyakit tidak menular, akan tetapi mampu menurunkan kualitas hidup penderita jika tidak dirawat dengan baik dapat tumbuh dibagian tumbuh dimana saja. Selain itu terdapat macam jenis psoriasis yang sering menyerang manusia dapat anda simak dibawah ini.

Gejala Penyakit Kulit Psoriasis

Membahas gejala psoriasis setiap orang akan berbeda-beda. Karena terdapat kasus dimana penderita tidak mengalami gejala sama sekali jangka waktu tertentu, selain itu ada juga kasus dimana penderita mengalami gejala ringan kemudian menjadi serius hingga akhirnya dapat menurunkan kualitas hidup penderita dalam beberapa minggu ataupun berbulan-bulan.

Umumnya gejala psoriasis akan ditandai adanya timbul ruam merah, kulit menebal, kering dan bersisik. Selain itu kulit akan menjadi pecah-pecah dan ada juga terdapat kasus bisa berdarah, kuku menjadi menebal dan tekstur tidak arat, sendi-sendi bengkak ataupun kaku. Walaupun gejala umum sedemikian, namun setiap orang dapat mengalami gejala yang berbeda.

Jenis Penyakit Kulit Psoriasis

Berikut yakni macam jenis penyakit kulit psoriasis dan gambar sering menyerang kulit manusia.

1. Penyakit psoriasis kuku
nailartsdesign com
Dimana penyakit psoriasis menyerang pada kuku. Gejala dapat ditandai kuku berubah, kuku terlepas, pertumbuhan kuku tidak normal dan terdapat cekungan kecil pada kuku.

2. Penyakit Psoriasis Gutata
psoriasismedication org
Penyakit kulit psoriasi dimana sering menyerang pada anak-anak. Gejala dari penyakit psoriasis ini dapat ditandai bintik ruam mirip tetesan air, ruam tersebut berlapis sisik dapat muncul di lengan, kaki, kulit kepala, tubuh dan lainya.

3. Psoriasis kulit kepala
onlinedermclinic com
Dimana penyakit psoriasis ini sering menjangkiti pada kult kepala. Gejala mampu merasakan gatal pada kulit kepala, muncul sisik menebal, dan kulit tersebut bisa mengelupas seperti ketombe, ruam pada kulit kepala dapat melebar luas.

4. Penyakit Psoriasis Plak
images.emedicinehealth com
Dimana penyakit psoriasis plak yang sering menjangkit manusia. Gejala ditandi ruam merah, bersisik dan bahkan terdapat luka kering. Plak itu dapat menyebabkan kulit gatal atau perih yang dapat muncul di kulit kepala, lutut, siku dan akan menjadi pecah-pecah dan berdarah.

5. Penyakit Psoriasis Pustular
images.medicinenet com
Dimana gejala penyakit psoriasis pustular ditandai ruam merah dan perih, melepuh dan berisis nanah. Penyakit ini dapat timbul dibagian tangan, kaki dan lainya, selain itu dapat menyebar seluruh tubuh mampu menimbulkan penurunan berat badan, demam, mengigil dan terasa sangat gatal.

6. Penyakit Psoriasis Eritroderma
psoriasismedication org
Dimana gejala penyakit psoriasis eritroderma ditandi ruam mengelupas, kulit gatal atau sesansi terbakar diseluruh tubuh. Selain itu penyakit ini dapat membuat dehidrasi, malunutrisi dan gagal jantung pada penderita.

7. Penyakit Psoriasis Inverse
europeannaturesystem eu
Dimana gejala penyakit psoriasis inverse dapat ditandai ruam merah yang halus sering muncul lipatan kulit, ruam tersebut akan parah jika mengalami gesekan dan keringat berlebihan.

8. Penyakit Psoriasis Arthritis
img.medscapestatic com
Dimana penyakit psoriasis arthritis ditandai kulit bersisik dan iritasi, perubahan warna kuku, namun setiap penderita memiliki gejala berbeda dan mampu menyerang di kulit mana saja, jika menyerang pada sendi terinfeksi maka menjadi kaku yang dapat menjadi permanen.

Penyebab Penyakit Kulit Psoriasis

Setiap jenis psoriasis yang ada penyebab belum diketahui secara pasti. Namun banyak diduka karena autoimun dimana sistem imun menyerang sel kulit yang sehat. Sehingga sel kulit akan menggandakan diri dengan cepat yang dapat menyebabkan penembalan pada kulit, kulit memerah, bersisik bahkan mengelupas.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Psoriasis

Dalam cara mengatasi penyakit psoriasis ataupun cara menghilangkan belum ada, namun penyakit psoriasis dapat dilakuan dengan perawatan, yang bertujuan mengurangi gejalanya dan memperbaiki tekstur kulit. Dalam mengatasi psoriasis terdapat beberapa cara hal tersebut tergantung pada jenis psoriasi yang menyerang dan tingkat keparahan.

1. Kortikosteroid

Pemberian kortikosteroid berfungsi dalam mengurangi inflamasi pada kulit, namun jika dipakai berlebihan dapat menimbulkan penipisan pada kulit. Oleh sebab itu gunakan sesuai resep dokter.

2. Methotrexate

Pemberian methotrexate berfungsi menurunkan produksi sel pada kulit dan dapat mengurangi inflamasi.

3. Coaltar

Pemberian coaltar berfungsi mengurangi sisik tembal dan rasa gatal.

4. Calcineurin Inhibitor

Pemberian calcineurin berufungsi untuk menghambat kinerja sistem imum serta mengurangi inflamasi.

5. Dithranol

Pemberian Dithranol berungsi mengurangi ruam pada kulit di tangan, kaki ataupun tubuh.

6. Obat Oral

Pemberian obat secara oral diberikan apabila metode lain tidak mampu untuk mengatasi psoriasis yang sudah parah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit kulit psoriasis. Demikian informasi tentang jenis penyakit kulit (psoriasis), penyebab, gejala serta cara mengatasi

Related Posts

8 Jenis Penyakit Kulit (Psoriasis), Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...