3 Jenis Penyakit Kulit Akibat Parasit, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Jenis penyakit kulit akibat parasit, penyebab, gejala serta cara mengatasi -Mengenal macam jenis penyakit kulit disebabkan oleh parasit, penyebab, gejala dan cara mengatasi. Memang banyak penyebab penyakit kulit itu muncul selain dari bakteri, jamur, virus salah satunya yakni parasit. Parasit dapat hidup di kulit manusia maupun hewan.

Umumnya parasit penyebab penyakit kulit tersebut dapat tumbuh di kulit manusia karena kelembaban pada kulit, misal pada daerah seIakangan maupun kulit kepala yang rawan terserang parasit tersebut. Dibawah ini beberapa jenis dan gambar parasit yang dapat penyebab gatal pada kulit kepala, tangan, tumbuh, kaki maupun seIakangan diantaranya :

Jenis Penyakit Kulit Akibat Parasit

1. Pedikulosis (Infestasi kutu)
1.bp.blogspot com

Pedikulosis (Infestasi kutu) yakni salah satu penyakit disebabkan oleh parasit. Parasit tersebut dapat menyerang pada bagian mana saja, akan tetapi paling sering menyerang kulit yang memiliki rambut seperti pada kulit kepala. Parasit menjadi penyebab gatal yakni pediculus dimana parasit penghisap darah.

Gejala penyakit pedikulosis (infeksi kutu) dapat ditandai adanya telur atau kutu pediculus dan terasa gatal pada bagian tersebut. Pada umumnya untuk mengetahui penderita telah terjangkit kutu pediculus dapat dilakukan diagnosis pemeriksaan fisik.

Cara mengatasi pedikulosis (infeksi kutu) dapat dilakukan dengan memberikan lidane tersedia dalam bentuk krim / losyen ataupun shampo. Ataupun dapat diberikan pemethrin, namun obat tersebut tidak boleh dipakai pada anak-anak karena dapat menimbulkan kompikasi neurologis. Untuk mengatasi telur pediculus dapat dilakukan ulang penggunaan dalam jangka 10 hari untuk membunuh kutu yang baru menetas. Dalam mengatasi kutu pada bulu mata dapat memakai jely minyak polos cukup efektif mengatasi kutu pedikulosis yang membandel.

2. Creeping Eruption
diseasesdoctor com

Penyakit Creeping Eruption (Cutaneous larva migrans) yakni salah satu jenis penyakit kulit karena parasit. Penyakit ini sering menyerang pada bagian kaki. Parasit ini dapat ditemukan pada hewan maupun tanah yang lembah ataupun hangat.

Gejala creeping eruption yakni ditandai rasa gatal atau sensasi panas, kadang dapat timbul papul kemerahan, apabila terdapat lesi papul berarti larva sudah lama berada pada kulit. Parasit penyebab penyakit ini banyak salah satunya yakni ancylostoma braziliense, faktor penyebab terkena parasit ini dapat dikarena tidak memakai alas kaki, bermain di tempat kotor dan lembab, tidak sering mencuci kaki.

Cara mengatasi creeping eruption (cutaneous larva migrans) yakni dapat memakai larutan bernama tiabendazole, oleskan pada kulit terkena parasit tersebut.

3. Scabies (Gudik)
i.ytimg com

Scabies (gudik) yakni salah satu macam penyakit kulit akibat parasit. Parasit penyebab scabies yakni tungau sarcoptes scabiei varian hominis. Faktor penyebab dapat terjangkit penyakit ini karena kurang menjaga kebersihan ataupun tertular dengan penderita secara langsung. Karena parasit ini dapat menular ke orang lain.

Gejala scabies (gatal agogo) dapat ditandai terasa sangat gatal-gatal dan semakin terasa gatal di malam hari dan terdapat bercak-bercak. Penyakit ini dapat menjangkit pada sela sela tangan, telapak tangan, sela-sela kaki, telapak kaki, lipatan ketiak, bokong, perut bagian bawah, bahkan Ms V dan Mr P dapat terjangkit penyakit ini. Umumnya tungau membutuhkan waktu sebulan sesudah serangan terjadi, parasit tunggau ini memiliki aktivitas tinggi saat malam hari apalagi disaat suhu lembab.

Cara mengatasi scabies (budukan) yakni dapat memberikan pemetrin atau larutan lindane, dan krim hydrocortisone di pakai selama beberapa hari setelah melakukan pemberian pemetrin / lindane. Cara ini berfungsi untuk mengatasi rasa gatal yang hebat dan membunuh parasit penyebab scabies tersebut. Namun obat ini tidak oleh diberikan pada anak-anak.

Cara mencegah scabies tidak datang lain dapat dilakukan dengan merebus semua pakian yang telah digunakan memakai air panas. Cara ini cukup efektif untuk mengecah agar scabies tidak kembali lagi dan mencegah penularan.

Jenis penyakit kulit akibat parasit, penyebab, gejala serta cara mengatasi yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya.

Related Posts

3 Jenis Penyakit Kulit Akibat Parasit, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...