7 Penyakit Kulit Pada Bayi, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Penyakit kulit pada bayi, penyebab, gejala serta cara mengatasi – Apa saja si macam jenis penyakit kulit apa bayi, penyebab, gejala dan cara mengatasi. Memang penyakit kulit dapat menyerang siapa saja baik itu pria, wanita, orang tua, remaja, anak anak bahkan bayi baru lahir, umur 5 bulan sampai 9 bulan dapat terserang. Seperti hal yang telah di bahas dalam kesempatan ini mengenal apa saja macam dan jenis penyakit kulit yang sering menyerang pada bayi.

Umumnya penyakit kulit bisa disebabkan karena bakteri, virus, jamur bahkan parasit. Bayi akan lebih mudah terkena salah satu jenisnya, hal tersebut dikarena anatomi kulit pada bayi berbeda pada orang dew*sa dan lapisan kulit pada bayi tentu belum sempurna, sehingga akan lebih mudah terkena gangguan pada kulit.

Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi

Terdapat beberapa macam jenis penyakit kulit pada bayi diantaranya :

1. Biang Keringat (Miliaria)
4.bp.blogspot com
Biang keringat dapat di panggil (Miliaria) yakni salah satu penyakit banyak menyerang bayi di bawah umur 1 tahun. Faktor penyebab miliaria yakni memakai pakian ketat, udara panas, cuaca lembab sehingga mengamali sumbatan pori-pori. Selain itu aktifitas pada bayi juga dapat menyebabkan biang keringat itu muncul.

Tanda gejala (miliaria) pada bayi yakni terdapat ruam merah, terasa gatal, dan terdapat bintil kecil-kecil. Cara mengatasi biang keringat dengan menghindari penyebab yakni memakai pakian tidak terlalu ketat, hindari bayi pada suhu panas dan lembab.

2. Dermatitis Seborrheic (seboroik)
www.healthline com
Dermatitis seborrheic yakni salah satu penyakit kulit sering menyerang bayi di bawah 9 bulan.  Yang dapat menyebabkan timbul sisik yang bisa muncul pada kulit kepala, wajah dan bagian tubuh lainya. Penyebab dermatitis seborrhea yakni jamur malassezia. Faktor penyebab belum diketahui secara pasti sebab banyak menjadi pemicu dermatitis seboriok muncul, namun bisa dikaitakan dengan pengaruh cuaca, kebiasaan menggaruk kulit dan sistem imun lemah.

Tanda gejala dermatitis seborrheic pada bayi yakni muncul seperti ketombe, berkerak/berisisik berwarna putih ataupun kuning dan terasa gatal gatal, kulit kemerahan.
Cara mengatasi memberikan sampo atau krim yang telah diberikan dokter. Karena kulit bayi cukup sensitif, jadi lebih bagus untuk berkonsultasi pada dokter specialis.

3. Penyakit Intertrigo
m2.wyanokecdn com
Penyakit intertrigo yakni salah satu penyakit mampu menyerang bayi dan anak-anak. Penyebab intertrig yakni jamur candida albicans. Tanda gejala terkena intertrigo pada bayi yakni kulit memerah, terasa gatal, sakit apabila terjadi geseka, penyakit ini dapat muncul dimana saja seperti pada ketiak paha dan lainnya.

Cara mengatasi intertrigo yakni dengan mencuci bagian lipatan terkena intertigo tersebut, lalu anda dapa mengoleskan krim petroleum.

4. Dermatitis Kontak Alergi
www.australianallergycentre com au
Dermatitis kontak alergi salah satu penyakit kulit sering menyerang anak anak dan bayi. Penyebab penyakit ini karena reaksi alergi terhadap sesuatu seperti menggunakan sabun ataupun asupan makanan. Selain itu kurang menjaga kebersihan juga dapat terjangkit penyakit kulit ini.

Tanda gejala terkena dermatitis kontak pada bayi yakni ditandai timbul ruam merah,bintil berisi cairan dan melepuh. Cara mengatasinya dermatitis kontak alergi ringan yakni memakai krim mengandung hodrokortison gunanya untuk mengurangi rasa gatal-gatal dan kemerahan kulit bayi. Namun apabila khasus cukup parah sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dokter spesialis kulit.

5. Eksim
www.abc.net au
Eksim dapat disebut (eksema) yakni penyakit sering menyerang bayi dan anak-anak. Ada dua jenis eksim yakni eksim kering dan basah. Faktor menjadi penyebab eksim bermacam dapat disebabkan karena alergi sesuatu, pengaruh cuaca, daya tubuh lemah, predisposes genetic. Gejala eksim dapat dilihat terdapat ruam merah, gelembung kecil berisi cairan, berkerak, gatal gatal.

Cara mengatasi eksim pada bayi yakni terlebih dahulu mengetahui eksim kering atau eksim basah yang di derita pada bayi. Jika terkena eksim kering maka di berikan krim pelembab untuk kulit bayi.

6. Hemangioma
2.bp.blogspot com
Hemangioma salah satu penyakit kulit dapat tumbuh sebelum bayi lahir. Penyebab hemangioma bisa karena jenis keIamin, bayi prematur faktor genetik, jadi apabila orang tua memiliki hemangioma maka anaknya akan rentan terkena

7. Ruam Popok (Diaper Rash)
www.idiaperrash com
Ruam popok sering disebut (diaper rash) yakni iritasi kulit yang sering menyerang bayi di usia 5-9 bulan. Faktor penyebab diduga karena mengalami gesekan, kulit yang sensitif, popok lembab

Penyakit kulit pada bayi, penyebab, gejala serta cara mengatasi semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

Related Posts

7 Penyakit Kulit Pada Bayi, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...