20 Penyebab Serangan Jantung, Gejala serta Cara Pencegahan

loading...
loading...
Penyebab serangan jantung, gejala serta cara pencegahan – Ini dia penyebab serangan jantung (sakit jantung), gejala dan cara mencegah. Serangan jantung ialah kondisi saat aliran darah ke jantung berhenti, sehingga dapat menyebabkan sebagian sel jantung mati, kondisi itu dapat disebabkan nadi kororner tersumbat beberapa sehingga menurunkan suplai oksigen dan makanan yang dapat menyebabkan kerusakan otot jantung. dalam kerusakan otot jantung ada beberapa penyebab, namun paling sering yakni terdapat penumpukan plak menyebabkan penyempitan arteri koroner.

Penyakit jantung dapat terjadi secara tiba-tiba dan sangat mematikan tanpa ada gejala yang khas sebelumnya. Maka tidak heran jika serangan jantung masih menduduki peringkat nomer 1 di dunia dikenal dengan penyakit mematikan. Oleh sebab itu perlu sekali mengetahui apa saja penyebab serangan jantung, gejala dan cara pencegahan dapat anda simak dibawah ini.

Penyebab Serangan Jantung

Ada beberapa faktor telah menjadi penyebab diantaranya :

1. Penyakit Lain

Dapat di picu akibat penyakit lain, seperti kolesterol, diabetes, hipertensi, dll.

2. Diabetes Melitus

Diabetes melitus memang dapat menyebabkan penyakit kronis lain, salah satu penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena tubuh mengamali resistensi insulin serta dapat menyebabkan plak di pembuluh darah.

Apabila jangka panjang gula darah selalu tinggi sehingga akan menaikkan kadar kolesterol serta trigliserida.

3. Kolesterol Tinggi

Waspadai apabila mempunyai kolesterol tinggi, sehingga mungkin dapat menyerang anda secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan jika kolesterol tinggi membuat tersumbatnya arteri koroner yang dapat memicu penyakit itu muncul.

4. Hipertensi

Darah tinggi (hipertensi) dapat membuat perubahan kondisi jantung menjadi mengeras di dinding arteri, pembengkakan serta membuat penyempitan pembuluh darah yang dapat membuat pecah.

5. Merok0k

Orang yang merok0k dapat merusakan pembuluh darah, mengentalkan darah serta dapat merusak fungsi jantung untuk memompa. Dalam WHO merok0k dapat meningkatkan hingga 45%.

6. Stres Berlebihan

Peneliti menyatakan bahwa orang yang stres berat salah satu menjadi penyebabnya, karena dapat menaikan tekanan darah.

7. Obesitas

Obesitas sering dikaitkan dengan penyakit kronis salah satu yakni jantung. hal ini dikarena mampu menyebabkan fungsi jantung menjadi menurun dan berat.

8. Denyut Jantung

Denyut jantung tidak teratur dapat juga memicunya juga selain itu juga memicu timbul bahkan stroke.

9. Memakai Obat

Memakai obat dapat menimbulkan aritmia, dapat juga memicul munculnya.


10. Jantung Koroner

Orang memiliki riwayat jantung koroner akan lebih rentang terkena dan datang kembali.

11. Gaya Hidup Tidak Sehat

Menjalani gaya hidup tidak sehat seperti kurang asupan buah, sayuran dan malas untuk berolahraga dapat memicu itu terjadi.

Gejala Serangan Jantung

Tanda gejala dapat pada umumnya sebagai berikut :

12. Kelelahan

Gejala awal dapat ditandai dengan kelelahan terus menerus walapun tidak melakukan aktifitas, hal ini disebabkan berkurang oksigen ke jantung.

13. Mengalami Nyeri

Dapat ditandai terasa nyeri pada dada. Pada umumnya rasa nyeri itu secara perlahan kemudian meningkat.

14. Mengalami Sesak Nafas

Dapat ditandai sesak nafas. Hal ini karena terjadi penebalan pembuluh darah, sehingga pengiriman darah pada jantung tidak teratur.


15. Mengalami pusing dan keringat dingin

Pusing dan keringat dingin berlebihan terus menerus walaupun tidak mengerjakan aktifitas, termasuk yakni gejala sakit jantung.

16. Mual

Bisa ditandai perut terasa mual-mual dan keringat berlebihan.

17. Perasaan Cemas

Dapat ditandai dengan perasaan cemas berlebihan.

18. Terasa Sakit

Dapat ditandai dengan muncul rasa sakit di leher  yang mungkin dapat disertai rasa sakit pada bagian lain seperti lengan kiri, belakang perut, bagian bahu atau rahang.

Cara Pencegahan Serangan Jantung

Terdapat beberapa tips dan cara mencegah diantaranya :

19. Mengubah Gaya Hidup Sehat

Mengubah kebiasaan sehat salah satu cara efektif untuk pencegahan. seperti melakukan olahraga teratur, banyak konsumsi buah sayuran untuk kesehatan jantung serta tidak merok0k.

20. Mengontrol Stress

Selain merubah gaya hidup sehat juga disarankan untuk tetap mengontrol stress anda. Karena stres dapat menaikan tekanan darah, sehingga darah tidak mengalir secara normal yang mampu menimbulkan sakit jantung muncul.

Penyebab serangan jantung, gejala serta cara pencegahan yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.

Related Posts

20 Penyebab Serangan Jantung, Gejala serta Cara Pencegahan
4/ 5
Oleh
loading...