Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Penyakit kulit biduran (utikaria), penyebab, gejala serta cara mengatasi. Mengenal tentang penyakit kulit biduran / hives (urtikaria), penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Sebenarnya apa itu penyakit kulit biduran ? pengertian biduran / hiver (urtikaria) yakni salah satu kondisi kelainan kulit berupa reaksi vascula disebabkan berbagai macam penyebeb. Umumnya biduran / hives ini disebabkan karena reaksi alergi yang dapat ditandai kulit bentol-bentol kemerahan, terasa panas ataupun gatal-gatal pada kulit.
Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Penyebab, Gejala & Cara Mengatasi
Penyakit biduran atau dapat disebut hives ini yakni suatu reaksi alergi dapat dijumpai sebagian orang. Biduran dapat menjangkit siapa saja bagi orang yang memiliki alergi terhadap sesuatu, selain itu bentuk / ukuran mengalami biduran dapat berbeda setiap orang, karena jika di garuk maka bentol-bentol tersebut semakin menyebar ke kulit lain.

Umumnya gejala biduran (urtikaria) akut dapat bertahan sampai berhari-hari atau bisa kurang dari 2 bulan. Namun sedangkan untuk gejala biduran (urtikaria) kronis bisa betahan lebih dari 2 bulan bahkan gejala tersebut mampu kambuh dalam beberapa bulan maupun tahunan. Umumnya penderita urtikaria kronis faktor penyebab bisa disebabkan penyakit lain seperti diabetes, triod, lupun dan lainya. Selain itu bagi orang memiliki riwayat alergi terhadap sesatu lebih rentan terkena biduran / hives.

Penyebab Biduran (Urtikaria)

Penyebab biduran / hives (utikaria) belum diketahui secara pasti, banyak menjadi penyebabnya diantaranya :

1. Mungkin dapat disebabkan alergi makanan tertentu seperti : coklat, keju, makanan laut, susu, telur, kacang, gandum dan lainya.

2. Mungkin juga dapat karena obat tertentu seperti aspirin, penicillin, antibotik, ibuprofen, asam mefenamat dan lainya.

3. Mungkin juga karena alergi sesuatu seperti : body lotion, debu, bulu binatang, sabun cair, serbuk sari bunga, air liur binatang, tumbuhan dan lainnya.

4. Juga dapat disebabkan air yang dipakai tidak cocok untuk kulit. Selain itu juga dapat dikarenakan bahan makanan, infeksi, stres, gigitan serangga / hewan, kosmetik, terlalu lama terkena sinar UV, perubahan suhu dan lainya.

Gejala Biduran (Urtikaria)

Gejala biduran / hives dapat ditandai adanya muncul bentol bentol / bercak bercak merah, kulit menebal, disertai dengan rasa panas / gatal-gatal / perih. Setiap pendertia terkena dibuduran bentuk serta ukuran dapat berbeda-beda. Selain itu bentol-bentol tersebut dapat timbul dimana saja, jika digaruk maka akan tumbuh bentol baru ataupun bergabung dengan bentol yang lainya. Selain itu gejala biduran dalam kasus lain dapat menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata, tangan, bibir, kaki maupun sekitar keIamin.

Cara Mengatasi Biduran (Urtikaria)

Cara mengatasi biduran (urtikaria) yakni semua tergantung pada tingkat keparahan. Apabila kasus ringan tidak harus memerlukan perawatan kusus, sebab akan hilang sendirinya sesudah anda menjauhi penyebabnya. Akan tetapi untuk mengurangi gejala biduran dapat memakai antihistamin. Dalam kasus cukup parah dapat memakai kortiosteroid. Namun dapat kasus sangat parah, cara terbaik untuk berkonsultasi pada dokter.

Cara Mencegah Biduran (Urtikaria)

Cara mencegah biduran / hives (urtikaria) yakni cara paling efektif dengan menghindari penyebabnya. Misalnya anda terkena biduran karena alergi terhadap sesuatu maka hidari pemicunya tersebut. Karena penyebab alergi dapat diketahui oleh penderitanya sendiri.

Penyakit kulit biduran (utikaria), penyebab, gejala serta cara mengatasi semoga dapat memberikan manfaat.

Related Posts

Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...