Penyakit Kulit Cacar Air (Varicella), Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Penyakit kulit cacar air (varicella), penyebab, gejala serta cara mengatasi – Mengenal penyakit kulit cacar air (varicella), penyebab, gejala dan cara mengatasi. Varicella simplex yakni penyakit kulit yang dapat menular, penyakit ini sering menjangkit anak-anak dibawah umur 10 tahun. Namun orang dew*sa juga dapat terserang varicella.
Penyakit Kulit Cacar Air (Varicella), Penyebab, Gejala & Cara Mengatasi
s-media-cache-ak0.pinimg com

Umumnya tidak semua anak-anak terserang penyakit kulit cacar air dapat sembuh dengan sedirinya, tanpa adanya penanganan khusus. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus mewaspadai gejala penyakit kulit varicella ini. Seperti tumbuh bintik-bintik pada kulit, selain itu apabila anak mengalami gejala seperti, sesak nafas, kesulitan bernafas,  maka dapat menjadi suatu kondisi serius yang memerlukan penanganan khusus.

Pada orang dew*sa apabila terserang penyakit varicella akan lebih serius lagi, karena mampu membuat komplikasi, apalagi penderita mengalami sistem imun yang lemah yang akan berakibat fatal. Lalu apa saja komplikasi untuk penderita pada orang dew*sa, berikut  kompikasinya.

1. Dapat mengalami infeksi bakteri seperti erysipelas, impetigo bulosa dan lainnya.

2. Dapat terjadi peradangan pada hati, sendi, dan jantung

3. Pneumonia dan ensefalitis.

Penyebab Cacar Air (Varicella)

Penyebab cacar air yakni disebabkan oleh virus varicella zoster). Dimana virus sangat cepat menular melalui kontak langsung pada penderita seperti lewat percikan batuk, bersin, selain melalui penularan resiko terkena dapat karena sistem imun lemah, belum mendapatkan vaksinasi, bekerja ditempat umum dan belum terkena sebelumnya.

Gejala Cacar Air (Varicella)

Gejala cacar air yakni dapat ditandai dengan mudah lelah, demam disertai flu ringan, mengalami nyeri / ngilu pada pergelangan sendi (namun jarang terjadi), untuk anak-anak gejala awal akan mengalami demam ringan, pusing, tidak enak badan, sesudah megalami gejala awal akan muncul bintil-bintil merah, terasa gatal, kemudian membentuk lepuhan berisi cairan, lepuhan tersebut muncul pertama didaerah dada, kemudian menyebar di sekujur tubuh, umumnya masa inkubasi dalam 2-3 minggu. Hal tersebut tergantung pada sistem imun pada penderita. Varicella dapat menimbulkan pembengkakan pada kelenjar getah bening maupun bagian leher, luka dapat mengalami infeksi karena dua hal bisa karena di garuk ataupun karena bakteri stapylococcus.

Cara Mengatasi Cacar Air

Tedapat cara mengatasi cacar air pada orang dew*sa secara alami dapat menggunakan :

1. Manggar pinang 1 ikat

2. Bawang merah 2 siung

3. Bengklei sebesar ibu jari

4. Buah blinggo sebesar ibu jari

5. Daun serai 1 lembar

6. Jintan hitam 1 sendok

7. Daun sirih  3 lembar

Caranya cuci semuanya sampai berih, kemudian di tumbuk semua, sesudah itu semua bahan direbus dengan ½ gelas air putih, aduk hingga rata, setelah itu saring dan minum 3 kali sehari 1 sendok makan. Atau anda dapat berkonsultasi dokter secara langsung, untuk memberikan perawatan secara baik.

Cara Pencegahan Cacar Air

Cara mencegah varicella yakni dapat melakukan vaksinansi, vaksin pertama dapat diberikan pada anak usia 12 sampai 15 bulan dan kedua dapat diberikan pada usia diatas 13 tahun untuk orang belum menerima vaksinasi.

Artikel Lainnya :
Penyakit kulit cacar air (varicella), penyebab, gejala serta cara mengatasi semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

Related Posts

Penyakit Kulit Cacar Air (Varicella), Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...