3 Macam Penyakit Kulit Akibat Alergi, Gejala, Penyebab serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Macam penyakit kulit akibat alergi, gejala, penyebab serta cara mengatasi – Mengenal macam jenis penyakit kulit akibat alergi makanan / obat, gejala, penyebab dan cara mengatasi. Memang banyak menjadi penyebab penyakit kulit itu muncul selain disebabkan kerena jamur, bakteri, virus maupun parasit. Tentu alergi terhadap sesuatu seperti makanan ataupun obat juga dapat menimbulkan suatu penyakit kulit.

Dalam kesempatan ini akan sedikit membahas mengenai dari beberapa jenis penyakit kulit disebabkan oleh alergi yang bisa langsung anda simak dibawah ini.

Macam Penyakit Kulit Akibat Alergi

Terdapat macam jenis penyakit kulit karena alergi diantaranya sebagai berikut :

1. Hives, Urtikaria (Biduran)

upload.wikimedia org

Hives (Urtikaria) / biduran yakni raksi alergi pada sesuatu. Gejala biduran dapat ditandai dengan kemunculan bentol-bentol / bercak-bercak merah, terasa terbakar dan perih. Bentol itu dapat muncul dimana saja. Jika digaruk maka tumbuh bentol baru.

Penyebab hives (utikaria) belum diketahui, banyak menjadi penyebab seperti :

1. Alergi makanan seperti : susu, telur, kacang, coklat, keju, makanan laut, gandum dan lainya.

2. Obat tertentu seperti antibotik, ibuprofen, aspirin, penicillin, asam mefenamat dan lainya.

3. Alergi sesuatu seperti : sabun cair, body lotion, debu, bulu binatang, air liur binatang, serbuk sari bunga, tumbuhan, dan lain-lain.

4. Air yang digunakan tidak cocok, dan lain sebagainya

5. Bahan makanan

6. Stres

7. Infeksi

8. kosmetik

9. Karena gigitan serangga / hewan

10. Perubahan suhu udara.

11. Terpapar sinar matahari (UV) dan lainya.

Cara mengatasi hives (biduran) yakni tergantung tingkat keparahannya apabila dalam kasus ringan tidak memerlukan perawatan khusus, karena dapat hilang sendirinya. Namun untuk mengurangi gejala dapat memberikan antihistamin, dalam khasus berat dapat memberikan kortiosteroid. Untuk kasus lebih parah anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter specialis.

Cara mencegah biduran agar tidak muncul lagi dapat menghindari pemicunya tersebut, apabila karena makanan, maka hindari makanan tersebut, karena penyebab alergi hanya diketahui oleh penderitanya sendiri.

2.Dermatitis Atopik

salinetherapy com

Dermatitis atopik yakni jenis penyakit dapat disebabkan oleh alergi sesuatu. Umumnya dermatitis atopik sering menjangkiti pada anak-anak. Faktor penyebab dermatitis atopik dapat dikarenakan alergi terhadap makanan, infeksi kulit, sistem kekebalan badan melemah, bakteri staphlococcus aureus.

Gejala dermatitis atopik dapat ditandai terasa sangat gatal pada malam hari, timbul bintil-bintil kecil berisi cairan yang mudah sekali pecah, kulit menebal, bersisik, dan bisa timbul bercak bercak berwarna merah. Penyakit ini dapat muncul pada bagian tangan, leher, wajah, pergelangan tangan, kaki, siku lutut pergelangan kaki dan lainya.

Cara mengatasi dermatitis atopik yakni tentu membutuhkan waktu lama. sebab penyakit dermatitis atopik sering kambuh kembali. Oleh sebab itu cara mengatasi tidak secara permanen, namun bersifat untuk meringankan serta mengontrol perkembangan berserta jangka waktu dalam kekambuhannya.

Anda dapat memakai salep / krim kortikosteroid, harus di dapat dari dokter. Karena apabila digunakan sembarangan maka menyebabkan iritasi. inhibitor kalsineurin namun hanya di pakai ketika obat lain tidak mampu mengatasi penyakit dermatitis atopik tersebut, karena bisa menyebabkan efek samping serius. Selain itu antihistamin dapat membantu mengatasi rasa gatal berlebihan malam hari serta membuat anda cepat mengatuk sehingga dapat tidur cepat.

untuk kasus parah dokter akan memberikan kortikosteroid secara intravena, akan tetapi tidak bisa pakai dalam jangka panjang, sebab menyebabkan efek samping yang serius. Anda juga dapat memakai pelembab khusus yang berfungsi mencegah kekambuhan. Selain itu phototherapy juga dapat menjadi salah satu cara alternatif. Untuk perawatan pada anak-anak dapat memberikan salep, lotion, krim, maupun pelumas kulit bayi, selain itu hindari suhu yang ekstrim.

Cara mencegah dermatitis atopik yakni dengan menjaga kebersihan dan menjauhi penyebabnya.

3. Dermatitis Kontak Alergi

jeffreysterlingmd files wordpress com

Dermatitik kontak alergi yakni jenis penyakit karena alergi terhadap sesuatu. Penyebab penyakit ini muncul karena kontak langsung pemicu alergi tersebut. Seperti alergi pada sabun, deterjen dan lainya.

Gejala terkena dermatitis kontak dapat ditandai timbul ruam merah,bintil berisi cairan, melepuh.

Cara mengatasinya dermatitis kontak alergi ringan yakni memakai krim mengandung hodrokortison gunanya untuk mengurangi rasa gatal-gatal dan kemerahan. Namun apabila khasus cukup parah sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dokter.

Macam penyakit kulit akibat alergi, gejala, penyebab serta cara mengatasi mungkin banyak orang belum mengetahuinya.

Related Posts

3 Macam Penyakit Kulit Akibat Alergi, Gejala, Penyebab serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...